Desain Minimalis Dapur dan Ruang Keluarga yang Cantik, Elagan dan Fungsional

Sesuai dengan namanya, ruang keluarga seharusnya menjadi tempat berkumpul bagi seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, sama seperti ruangan-ruangan lainnya, ruang keluarga perlu mendapatkan perhatian. Bagi Anda yang mempunyai area atau ukuran terbatas, ruang keluarga umumnya menyatu dengan ruang tamu. Untuk menyikapi hal itu, sebenarnya Anda dapat mengambil sedikit ruang di area dapur untuk dijadikan ruang keluarga. Model seperti ini biasanya digunakan dalam ruang terbuka atau open space di apartemen-apartemen berukuran kecil.

Mempunyai ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang makan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda dan keluarga. Di mana kegiatan bersama ketika makan atau sekadar berkumpul dapat dilakukan secara bersama-sama. Selain itu, menggabungkan dapur dan ruang keluarga menjadikan area rumah terasa lebih hidup.

Ide ini sebenarnya sudah lama diterapkan di apartemen-apartemen, dan seiring berjalannya waktu, ide menggabungkan ruang makan dan ruang keluarga ini semakin banyak digunakan di rumah-rumah yang ukurannya tidak terlalu luas. Konsep ini selain efisien juga menjadikan ruangan terlihat lebih luas.

Namun demikian, konsep ini bukan berarti tidak memiliki kendala. Keterbatasan ruang sering kali membuat kita tidak memiliki banyak pilihan desain, apalagi desain yang mewah, seperti kebanyakan model klasik. Gaya klasik tidak cocok untuk area yang terbatas, yang paling cocok ialah desain minimalis.

Dengan desain minimalis, baik itu satu lantai maupun desain minimalis 2 lantai, Anda bisa menghemat ruang, dan bahkan bisa menggabungkan ruang keluarga dengan dapur. Gaya minimalis yang dipadupadankan dengan berbagai perabotan, membuat dapur dan ruang keluarga terlihat seimbang.

Ruang Keluarga dan Dapur Minimalis

Ketika Anda mengambil opsi penggabungan ruang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih ruangan paling besar di rumah Anda. Selain ukuran yang luas, ruang tersebut harus mudah dijangkau, misalnya di bagian tengah area rumah. Hal ini dilakukan karena dapur dan ruang keluarga adalah sentrum rumah, sehingga harus mudah dijangkau oleh setiap penghuni.

Partisi Minimalis

 Hilangkan dinding atau sekat ruangan. Dalam banyak keadaan, dinding pembatas antar ruang seringkali menjadikan ruangan terasa lebih kecil dan sempit. Jika memang diperlukan pembatas, Anda bisa mengatasinya dengan memakai partisi atau room divider minimalis. Dalam hal ini penggunaan partisi portable lebih dianjurkan, karena lebih modern dan fleksibel. Sehingga ketika Anda sedang berkumpul dengan keluarga, partisi tersebut dapat Anda lipat, sehingga kita bisa lebih leluasa.

Apabila Anda tidak ingin menggunakan sekat ruangan atau partisi, ada baiknya jika memerhatikan penggunaan warna. Dalam hal ini Anda bisa memberi warna berbeda antara dapur dan ruang keluarga. Namun, meski berbeda dua cat tersebut harus serasi sehingga antar kedua ruangan dapat menyatu dengan sempurna.

Furnitur Minimalis

Model, ukuran dan bentuk furnitur sangat berpengaruh pada tampilan ruangan. Untuk itu, furnitur yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan furnitur berukuran kecil atau standar yang disesuaikan dengan ruangan dan gaya yang Anda sukai. Jika ruangan yang Anda miliki benar-benar kecil, Anda bisa membeli furnitur multifungsi. Misalnya, gunakanlah meja yang bisa dijadikan sebagai meja makan sekaligus dapat digunakan untuk kegiatan lainnya.

Itulah beberapa ide untuk Anda yang memiliki area terbatas, tapi ingin tetap tampak elegan. Masih banyak ide-ide kreatif yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda bingung untuk mencari ide, ada bisa mengunjungi situs-situs penyedia informasi seputar desain interior, seperti di katarumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *